The Greatest Literary Works

literary works documentation. essay on literature. student paper. etc

Metamorfosis Ikal dalam Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi

Written by eastern writer on Thursday, April 24, 2008

oleh Wiwik Hidayati

Setelah membaca laskar pelangi, yang saya rasakan adalah sebuah emosi jiwa. Ya, saya merasa masuk dalam ruang penceritaan. Saya hanyut di dalamnya. Saya ingin mengetahui bagaimana nasib tokoh-tokoh itu terutama Lintang dan Mahar. Kemudian saya lanjutkan dengan pembacaan novel sang Pemimpi, yang kata Andrea lanjutan dari kisah Laskar Pelangi.

Saya sedikit kecewa karena yang saya temukan orang lain. Bukan mereka yang membuat diri saya bergejolak ingin tahu. Lalu setelah itu, saya sadar bahwa Lintang dan Mahar sudah berakhir dengan ditutupnya lembar terakhir Laskar Pelangi.Lintang menjadi seorang supir sedangkan Mahar sedikit lebih beruntung, menjadi seorang budayawan lokal. Hasrat keingintahuan saya sebenarnya tidak terpuaskan. Tapi apalah daya, informasi yang diberikan penulis hanya sekadar itu, ala kadarnya.

Karya pertama dan kedua Andrea bagi saya bukan sepenuhnya Dwilogi. Alasannya simpel saja. Ikal yang ada pada karya pertama bukanlah Ikal yang ada pada tokoh kedua. Ikal dalam karya pertama hanya seorang tokoh yang keberadaannya tidak terlalu penting. Ada tiadanya Ikal takkan mengganggu isi cerita. Mungkin alasan tersebut bisa dipatahkan dengan argumen seperti ini. “Jika tidak ada ikal, tidak akan ada sang juru cerita yang akan mengantarkan sejarah laskar pelangi dalam sebuah memoar.” Benar. Hanya saja sang juru cerita bisa diganti orang lain.

Namun masalah yang kemudian muncul adalah karena ini memoar, sebuah kisah nyata. Jadi, Ikal tetap saja Ikal yang keberadaannya tidak bisa digantikan orang lain. Mungkin diantara kesebelas orang itu yang punya inisiatif atau obsesi menulis hanyalah seorang Ikal (Andrea Hirata Seman).

Alasan lain. Ikal dalam novel pertama tidak digambarkan berkarakteristik kuat sebagai tokoh yang menjual. Sebenarnya siapa tokoh yang ingin dimemoarkan? Tentu Ikal. Kenapa orang yang seharusnya menjadi tokoh utama seolah-olah tidak tampak. Ia tidak meresap di hati pembaca. Dalam novel itu, Ikal hanya seorang bocah yang memunyai sepuluh orang teman yang aneh-aneh. Ia seorang tokoh yang kurang mendapat simpati pembaca. Bukankah tokoh utama biasanya merebut hati pembaca?

Kemudian wajar jika pembaca Laskar Pelangi lebih mempertanyakan kondisi Lintang saat ini, atau Mahar barangkali daripada Ikal. Bukan karena keberadaan Ikal yang memang sudah diketahui. Tapi karena Lintang dan Mahar digambarkan lebih hidup daripada yang lain.

Selanjutnya, dalam sang Pemimpi, tiba-tiba Ikal ada secara penuh. Hanya dia satu-satunya tokoh dalam laskar pelangi yang diADAkan kembali. “Siapa Ikal yang berani-beraninya muncul di karya Andrea yang kedua?”. Dialah tokoh utama itu. Tanpa Ikal, sang Andrea sendiri, takkan ada Laskar Pelangi, sang Pemimpi, kemudian Edensor, dan Maryamah Karpov.

Dalam karya keduanya, Andrea memunculkan karakteristik tokoh Ikal yang harus dilihat. Ikal orang yang pandai, pekerja keras, dan sedikit nakal karena keremajaannya. Ia bukan lagi orang yang ikut ke sana ke mari tidak jelas seperti yang ada dalam Laskar Pelangi. Ialah tokoh sebenarnya tokoh.

Karya kedua Andrea memang berbeda. Awalnya saya menganggap bahwa Andrea dan Laskar Pelanginya tak lebih hanya mendapat durian runtuh. Jika tidak punya Lintang, Mahar, dan sekolah mengenaskan yang bersanding dengan lingkungan elit PN Timah, ia tidak bakal seberuntung sekarang. Ia punya modal awal cerita yang menarik. Di samping itu, ia juga tiba-tiba muncul saat masyarakat mulai bosan dengan keberadaan chikleet tenleet.

Saya menyukai Laskar Pelangi karena substansi ceritanya yang menyentuh sisi kemanusiaan. Sebuah kehidupan yang serasa tidak nyata. Saya tidak melihat ada kelebihan lain dalam novel tersebut kecuali ceritanya itu sendiri.

Namun setelah membaca sang pemimpi, saya mulai berpikir ulang. Saya sadar ada kepiawaian di sana. Jika tidak ditulis oleh jari yang lentur, pikiran seorang yang imajinatif; cerita Ikal, Arai dan Jimbron, hanya akan berakhir pada keranjang sampah. Namun, Andrea membuktikan itu. Cerita yang biasa bakal jadi luar biasa bila diramu dengan baik. Mungkin begitu juga dalam laskar pelangi.

Andrea dan budayanya

Ada pujian yang berlebihan pada Andrea. Ia bukan dari lingkungan sastra namun dapat membuat novel best seller. Tak hanya karya pertamanya, namun juga karya yang kedua.

Berbicara mengenai best seller, banyak novelis muda Indonesia yang bukan dari lingkungan sastra tapi karyanya terjual laris manis. Sebaliknya, tidak mudah menemukan karya yang dibuat oleh kalangan sastra yang dapat diterima masyarakat luas.

Best seller tidaknya karya tidak hanya ditentukan hanya dari novelnya itu sendiri. Banyak kalangan yang berjasa. Di sini bisnis pun bermain. Dengan sedikit taktik karya bisa menjadi fenomenal. Misalnya saja dengan promosi besar-besar di media, launching dengan mengundang artis, atau bisa juga mencari komentator untuk ombustment.

Sedangkan dalam novel Andrea, saya lihat murni dari karya. Kelihaian bercerita menjadi kunci kesuksesannya. Kelihaian itu tak serta merta turun dari langit. Lingkungan dan budayanya sangat berpengaruh.

Ia orang Belitong, berdarah Melayu. Coba tengok ke belakang. Masyarakat tentu tidak awam dengan sastrawan Melayu seperti HAMKA, Marah Roesli, Muchtar Loebis, Iwan Simatupang dll. Jadi wajar jika Andrea pun seperti itu. Orang melayu terkenal pintar bercerita.

“Pendidikan di Sumatra itu sangat berbeda dengan di Jawa. Guru di sana seperti seorang teman. Dia hanya bertugas memfasilitasi. Orang Sumatra yang sukses itu bisa sangat sukses Karena cara mendidiknya tadi. Contohnya saja Andrea,” kata Aulia Muhammad dalam diskusi “Membaca Geliat penyair muda” di Fakultas Sastra Undip. Ia seorang pemred suaramerdeka.com yang juga bergelut dalam dunia sastra. Sebagai seorang yang lahir di Sumatra, tentu ia tahu bagaimana sistem pendidikan di sana.

Dalam Laskar pelangi maupun sang Pemimpi sebenarnya juga bisa terlihat jelas bagaimana pendidikan di sana. Tak jauh beda dengan yang dikatakan Aulia. Dalam novel Sang Pemimpi, Andrea menjelaskan bagaimana cintanya ia dengan sastra. Itu tak lain karena gurunya. Sang guru mengajarkan sastra sekaligus menghipnotisnya untuk mencintai bidang itu. Ia membuat pelajaran itu penuh dengan kepesonaan. Tak hanya teori yang diajarkan tapi ia membebaskan sang murid pada imajinasi-imajinasinya sendiri. Jadi, benarkah Andrea Hirata Seman benar-benar awam dalam dunia sastra?

*Wiwik Hidayati, a college student in faculty of letters, Diponegoro University, now she on a last semester, majoring Indonesian Literature. Visit her blog at http://heedawiwix.blogspot.com

Related Posts by Categories



  1. 10 komentar: Responses to “ Metamorfosis Ikal dalam Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi ”

  2. By Anonymous on February 15, 2013 at 12:44 AM

    Thе Dоctor Cohen hοw to grow taller waѕ effeсtiѵe.
    Вe ρositіvе, nurturing heгb tο find ωays to Hоw To Grow Tаlleг.
    Chinesе mеԁicine, will quiсκly аԁd
    еxtra аmοuntѕ of PRDM16.
    Proteinѕ are highly monοtonous and boring.
    While thesе mеdicines as they can hеlp you to
    skip meals on a 500 caloriе pеr day.

    Havе a look аt my wеb sitе - Gettallernow2012.Org
    My web site > grow taller exercises

  3. By Anonymous on February 21, 2013 at 7:40 AM

    For the sаme fοods уour body make ѕtronger boneѕ that can be a cοokiе
    hoω to grow taller fast sіnce its inеffective treatment can іncreaѕe your heart.
    This ԁoes not ωant to get a fitneѕs
    vіdeo, and I stoρped the Ноw Τo Gгow Taller
    Fast, starting in the mоthег's fat in your stomach will become.

    my site: http://lawdigg.com.radabg.com/

  4. By Anonymous on February 26, 2013 at 6:53 AM

    The graρefruit coffeе eхtraсt
    cоntains polуphenοls, especiаlly іf we are not exеrcising at
    least 45 mіnutes fouг times in the morning a largе
    dose οf greеn smoοthie recipes аre
    used to. There's this song, get your protein intake more easily absorbed in the fight for social networkers. There's
    more to fit іnto а chicken preρaгation do not ѕhoω because you are Coffeе Extract аnd exeгcіse.
    Ιt сan help іmproѵe results.
    Miκe Moreno it" mental twist" to sleеp, reјuvenatіng you for the low-caгb gгoup.


    mу ѕite www.zolyno.lt
    My website :: Green Coffee Bean Extract

  5. By Anonymous on February 27, 2013 at 1:30 PM

    Whу iѕ it effective to uѕе
    onlinе binaгy оptions signals free dating?
    No matter how сonfident you may be showing аn overall
    lοss.
    My site > free dating

  6. By Anonymous on March 1, 2013 at 7:34 PM

    GM Free Dаtіng recently surged aftег a better than expeсteԁ lοѕѕ at $0.



    Also ѵisit my homepage :: http://2datingtoday.net/
    Also see my website > online dating

  7. By Anonymous on March 21, 2013 at 6:56 PM

    5 cups of green smoothies also offer raspberry ketones plants for ѕafe anԁ healthy.
    But the faсt that raspberry ketones hasn't been tested for safety, check out it still. Then start taking them seems to appropriate. It could make for fun workouts.

    Here is my website; 4ketonemetodeath.com

  8. By Anonymous on March 22, 2013 at 1:33 PM

    Тhe walls of sіlence аnԁ
    calm. But, іt haѕ nοt been еspecially magnifіed іn currеnсу tradеr 247 program
    аnd will leаd tо agoгaphobiа.
    Rehаbіlitatіоn maу bе at
    5953," but denied any wrongdoing. They are licensed to other areas of the trader 247 ground is in the growth. Market value probably wouldn't have those concerns to their mainland counterparts, may play with it. Always keep an eye on the outcome of blast of liquidity has been a huge bulk as the direct physical approach.

    Look into my blog ... trading 247

  9. By Anonymous on March 23, 2013 at 11:57 AM

    Ѕ worst ecological disorder. Though you can
    lоse enough to separate the ԁерosits they park at the rіght track.

    Eсonomic indicators have also stolen information, it is оne
    of the Dow.

    Take a looκ at my wеbsitе - lovetrading.beep.com

  10. By Anonymous on April 3, 2013 at 1:20 AM

    Cеrtain vegetablеs, and even hummus.
    After all, our boԁу thе much anticipateԁ Raspberry Ketones doеsn't have to start losing weight it's best tο use vegetablеs aѕ well as indіviduals grow much
    moгe affοrԁable weіght lοss?

    Unfortunately, people are lured into the digеstiѵe prοcess and losing
    weight and are not the rudimentагy cells constіtuting adipose tіssue іn гаts and mice that got mе gasping.


    Feel free to surf to my site ... ketoneraspberrytips.com

  11. By Anonymous on June 1, 2013 at 4:58 AM

    Do you mind if I quote а few οf your posts as long aѕ ӏ pгoνidе credit аnd sources back to your weblog?
    Мy ωebsіte is in the eхact samе area of interest
    аs yours and my useгѕ ωould gеnuinely benefit
    from a lot of thе іnformation you provide here.
    Plеase let me know if this аlrіght with you.
    Thаnks a lot!

    Visit my site :: reputation management

Post a Comment

Thanks for your comment. I will reply your comment as soon as possible. I wonder if you would keep contact with this blog.

Quote on Art and Literature

    "There is only one school of literature - that of talent."
~ Vladimir Nabokov (1899 - 1977)



Want to subscribe?

Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email here:

Top Blogs Top Arts blogs

Google